Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Archaebacteria dan Ciri-Ciri Archaebacteria

Pengertian Archaebacteria dan Ciri-Ciri Archaebacteria – Pengertian archaebacteria, secara umum adalah sel-sel pertama kali muncul atau sel paling awal yang memiliki kekerabatan dengan organisme eukariotik (memiliki membran inti sel).

Baca: Ciri-Ciri Umum Bakteri Eubacteria

Archaebacteria berasal dari bahasa Yunani, yaitu “archaio”  yang berarti kuno. Sehingga archaebacteria dapat diartikan sebagai organisme yang hidup paling tua/tertua di bumi, diduga achaebacteria awal dibumi tempat hidupnya ekstrim. Archaebacteria disebut juga dengan bakteri purba/kuno.

Ciri-Ciri Umum Archaebacteria

  • Bersifat anaerob, uniseluler dan eukariotik (memiliki membran inti sel).
  • Berbentuk variasi, seperti bulat, spiral, batang dan bahkan tidak beraturan.
  • Dinding sel tidak emiliki peptidoglikan (peptidoglikan = polimer karbohidrat dan protein).
  • Struktur tubuh sederhana dan memiliki ukuran tubuh 0,1- 200 mikron.
  • Dapat hidup dilingkungan ekstrem (air panas, larva, dasar laut, laut kadar garam tinggi, lingkungan asam dan sebagainya).

Jenis-Jenis Archaebacteria

  1. Archaebacteria Halofilik: habitatnya dapat hidup pada lingkungan dengan salinitas (kadar garam tinggi), misalnya halobacterium.
  2. Archaebacteria Metanogenik: memproleh makanan dari proses pembusukan bahan organik dan menghasilkan gas metana tinggi, misalnya methanococcus.
  3. Archaebacteria Pereduksi Sulfur: memproleh makanan dengan memanfaatkan hidrogen dan sulfur anorganik sebagai sumber energi, misalnya sulfolobus.
  4. Archaebacteria Thermoasidofilik: dapat hidup dengan mengoksidasikan sulfur di lingkungan, misalnya kawah vulkanik, lubang vulkanik gunung berapi atau mata air bersulfur.

Baca Juga:

 

 

Demikianlah informasi sekilas mengenai Pengertian Archaebacteria dan Ciri-Ciri Umum Archaebacteria.  Semoga informasi dapat berguna dan bermanfaat, apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon maaf. Terima kasih, jangan lupa share dan like.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme