Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Pengertian Hortikultura dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Hortikultura dan Jenis-Jenisnya – Pengertian tanaman hortikultura atau dikenal dengan sebutan horticulture adalah berasal dari bahasa latin Hortus berarti tanaman kebun dan  Cultura/colere  berarti budidaya, sehingga dapat diartikan bahwa hortikultura adalah budidaya tanaman kebun.

Baca: Sistem Organ Reproduksi Ternak Kambing Jantan Beserta Fungsinya

Hortikultura secara luas digunakan bukan hanya budidaya tanaman kebun saja, melainkan juga dapau digunakan beberapa jenis tanaman yang dapat dibudidayakan. Secara umumnya hortikultura dilakukan dengan beberapa tahapan dan proses yaitu meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, panen, pengemasan dan distribusi. Hortikultura ini biasanya digunakan untuk tanaman  buah, tanaman bunga, tanaman sayuran, tanaman obat dan taman.

Jenis dan Macam- Macam Tanaman Hortikultura

1.Tanaman Buah (Frutikultur)

Fritikultur/tanaman buah termasuk kedalam tanaman hortikultur, biasanya dapat ddibudidayakan dengan beberapa ketentuan dan tujuan terntu. Tanaman buah yang ditanam berjenis musiman, dan tahunan. Jenis buah musiman seperti buah semangka, melon, rambutan, jeruk dan lain-lain, sedangkan buah tahunan seperti nanas, salak, sewo, belimbing, pisang dan lain-lainnya.

2. Tanaman Bunga (Florikultura)

Florikultura/tanaman bunga yang digunakan oleh kebanyakan masyarakat adalah bunga hias. Jenis bunga tersebut sangat beraneka ragam, seperti bunga mawar, bunga melati, bunga dahlia dan bunga yang lainnya. Baik ditanam/dibudidayakan dengan menggunakan pot/media lainnya.

3. Tanaman Sayuran (Olerikultura)

Olerikultura/tanaman sayuran merupakan tanaman budidaya yang berjenis sayuran/bisa dikonsumsi oleh manusia. Jenis tanaman sayur yang dibudidayakan ada dua jenis yaitu musiman dan tahunan. Tanaman jenis musiman seperti kangkung, wortel, kubis, bawang putih, bawang merah, cabe, terung dan lain sebagainya, sedangkan jenis tanaman tahunan seperti, melinjo, petai, jengkol dan sebagainya.

4. Tanaman Obat (Biofarmaka)

Biofarmaka/tanaman obat biasanya disebut dengan tanaman toga/keluarga adalah tanaman yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman yang di budidayakan sangat beragam misalnya kunyit, kayu manis, lengkuas, temulawak, serai dan sebagainya. Bukan hanya untuk pengobatan saja, melainkan tanaman tersebut juga dapat digunakan untuk produk kecantikan yang dapat membantu memutihkan kulit, menghilangkan jerawat/komeda, menghambat penuaan dini dan sebagainya.

Baca Juga:

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Pengertian Hortikultura dan Jenis-Jenisnya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme