Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Irigasi Menurut Para Ahli

Pengertian Irigasi Menurut Para Ahli –   Berdasarkan peraturan pemerintah No. 23 Tahun 1998, defenisi dari irigasi  adalah usaha dalam penyediaan dan melakukan pengeturan air yang bertujuan untuk menunjang pertanian.

Baca: Pengertian Transgenik

Menurut peraturan pemerintahan No. 22 tahun 1998 irigasi ini juga termasuk kedalam pengertian drainase yaitu pengaturan air dari media tumbuh tanaman agar tidak menganggu pertumbuhan atau produksi tanaman, sedangkan menurut dari Small dan Svenden menyebutkan bahwa irigasi merupakan sebuah tindakan intervasi manusia untuk mengubah aliran air dari sumbernya dan tidak mengganggu produksi pertanian.

Istilah dari irigasi adalah sebuah kegiatan yang berkaitan dengan mendapatkan air  dari sebuah kebun atau usaha pertanian untuk meningkatkan produksi dari hasil pertanian. Adapun istilah lain dari irigasi adalah usaha penyediaan, pegambilan, pembagian dan pemberian air ke lahan usaha pertanian.

Menurut Abdullah Agoeda dalam sejatah Irigasi di Indonesia yang disebutkan dalam laporan Pemerintahan Belanda irigasi didefenisikan bahwa irigasi merupakan sesuatu yang dilakukan secara teknis menyalurkan air melalui saluran-saluran pembawah air ke tanah pertanian dan setelah air tersebut diambil manfaat sebesarnya-besarnya akan menyalurkan ke saluran pembuangan terus ke sungai.

Menurut Gandakoesuma (1981:9) menyebutkan bahwa irigasi merupakan usaha untuk mendatangkan air deengan membuat bangunan –bangunan dan saluran untuk mengalirkan air guna keperluan pertanian, membagikan air kesungai, atau ladang dengan cara yang teratur fan membuangair yang tidak digunakan lagi, setelah digunakan air semuanya mengambil tindakan untuk melakukan pembatasan dari pengambilan air kesumbernya dibawah ketempat adiman air yang dibutuhkan atau diperlukan untuk membagikan kepada tanaman yang membutuhkan.

Menurut Mawardi (1989:5) menyebutkan bahwa irigasi merupakan usaha untuk mendapatkan atau memprolesh air yang menggunakan bangunan dan saluran buatan untuk memproleh penunjangnya produksi pertanian.

Tujuan Irigasi

Secara umumnya, tujuan irigasi terbagi menjadi dua macam yaitu:

  • Tujuan Langsung: merupakan irigasi dengan tujuan untuk membasahi tanau yang masih erkaitan dengan kapasitasn kandungan air dan udah ditanah, sehingga akan dapat mencapai suatu kondisi yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan tanaman.
  • Tujuan Tidak Langsung: merupakan irigasi dengan tujuan tidak dapat bisa menampung atau membasahi serta menganggkut bahan pupuk melalui aliran air, mengatur suhu , mencuci tanah yang beracun, menaikan permukaan air tanah dan meninggikan elevasi air.

Manfaat Irigasi

  • Mempermudah pengelolaan media tanah sebelum melakukan penanam sebuah tanaman.
  • Tanaman penangguh lebih mudah diatasi dan dicegah.
  • Pengaturan temperatur tanah dapat berlangsung sesuai dengan keinginan.
  • Peningkatan kesuburan media tanah lebih cepat
  • Memperlancar proses pencucian tanah (leaching)

Baca Juga:

Itulah informasi tentang Pengertian Irigasi Menurut Para Ahli semoga berguna dan bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan anda.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme