Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian, Manfaat dan Lapisan Atmosfer

Pengertian, Manfaat dan Lapisan Atmosfer– Pengertian atmosfer, defenisi atmosfer, lapisan atmosfer (Troposfer, stratosfer, mesosfer, thermosfer (lonosfer) dan Eksosfer serta manfaat atmosfer.

Baca: Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Pengertian Atmosfer

Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yaitu Atmos yang artinya uap air atau gas dan Sphaira yang artinya selimut.  Atmosfer dapat diartikan merupakan sebuah lapisan gas yang menyelimuti sebuah planet atau bumi, dari permukaan planet hingga jauh dikeluar angkasa dengan jarak 1.000 km dari permukaan bumi dan bermassa 59 x 1014 ton. Atmosfer yang terdapat dibumi memiliki ketinggian 0 km diatas permukaan tanah, hingga mencapai skeitar 560 km diatas permukaan tanah. Atmosfer juga akan melakukan perputaran bumi atau rotasi dan berevolusi mengelilingi bumi.Atmosfer juga merupakan lapisan-lapisan yang terdiri atas campuran dari beberapa gas yang tidak berwarna dan tidak terlihat oleh mata secara langsung.

Lapisan- Lapisan Atmosfer

  • Lapisan troposfer: troposfer merupakan lapisan udara yang paling rendah dibandingkan dengan lapisan lain, dengan ketinggian 0-10 km. Lapisan ini akan bersinguggan langsung dengan bumi dan memiliki masa udara yang cukup besar. Lapisan ini berfungsi sebagai penghantar suara, gejala cuaca, dan lapisan ini juga menghasilkan debu, awan, hujan, salju dan uap air.
  • Lapisan Stratosfer: stratosfer merupakan lapisan kedua dari troposfer yang memiliki ketinggian sekitar 11-48 km, lapisan ini memiliki temperatur yang cukup dingin dan banyak mengandung butir-butir sulfat. Lapisan ini tidak dapat membentuk uap air, debu, dan awan melainkan memiliki fungsi sebagai membentuk hujan dan terdapat juga lapisan ozon.
  • Lapisan Mesosfer: Mesosfer merupakan lapisan yang ketiga dari stratosfer yang memiliki ketinggian berkisar 49-80 km, pada lapisan ini kepadatan gas akan menurun/berkurang dan temperatur yang tinggi. Lapisan ini juga merupakan tempat dima meteor atau benda luar angkasa yang akan menuju kebumi. Lapisan mesosfer juga berfungsi sebagai pemantul gelombang radio dibumi.
  • Lapisan Thermosfer: Thermosfer merupakan lapisan keempat dari mesosfer yang memiliki ketinggian berkisar 81-482 km, lapisan ini memiliki temperatur yang tinggi. Lapisan thermosfer juga disebut sebagai lapsan ionosfer yang digunakan sebagai tempat terjadinya ionisasi. Proses ionisasi terjadi akan menghasilkan cahay yang berwarna-warni yang dikenal dengan sebutan aurora.
  • Lapisan Eksosfer: Eksosfer merupakan lapisan terakhir dari atmosfer yang memiliki ketinggian berkisar diatas 500 km dari permukaan bumi. Lapisan ini merupakan lapisan yang sangat mempengaruhi pergerakan molekul-molekul udara dan juga gravitasi bumi terhadap udara yang tidak ada, sedangkang pengaruh diluar angkasa sangat besar dan kuat.

Manfaat Atmosfer

  • Mengurangi dan menurunkan suhu yang tidak stabil pada saat siang hari dan malam hari.
  • Membantu menyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari.
  • Menyediakan oksigen dan karbondioksida dibumi
  • Sebagai wahana komunikasi antar manusia
  • Melindungi dan mencagah batu meteor jatuh ke bumi atau benda luar angkas yang akan jatuh
  • Membantu mengubah cuaca atau iklim yang ada di bumi

Baca Juga: 

Itulah informasi singkat tentang Pengertian, Manfaat dan Lapisan Atmosfer semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme