Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Kewirausahaan, Tujuan dan Ciri Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan, Tujuan dan Ciri Kewirausahaan – Pernahkah Anda mendapat materi pelajaran kewirausahaan di SMK atau SMA dulu? Kewirausahaan masuk dalam materi pelajaran di sekolah menengah atas untuk menyiapkan anak didik agar mampu menjadi seorang yang mandiri dan berorientasi untuk membuka lapangan kerja, bukan hanya menjadi pekerja semata.

Kewirausahaan berasal dari kata wirausaha yang artinya seseorang yang memiliki kreasi dan inovasi untuk menjadikan jasa atau produk memiliki suatu nilai lebih yang bisa dimanfaatkan bagi dirinya dan orang lain.

Baca: Pengertian Hormon, Macam-Macam dan Fungsi Hormon

A. Pengertian Kewirausahaan

Secara bebas, kewirausahaan dapat diartikan sebagai proses kegiatan yang melibatkan kreatifitas dan inovasi untuk memberikan manfaat atau bernilai lebih bagi diri sendiri dan orang lain.

Misalnya saja, wirausaha di bidang kerajinan tangan, usaha makanan dan minuman, serta lain sebagainya.

B. Tujuan Kewirausahaan

Adapun tujuan kewirausahaan, di antaranya, sebagai berikut:

  • Dapat menjaring dan menjadikan orang lain sebagai pengusaha yang mandiri. Atau membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di sekitarnya.
  • Menyerap tenaga kerja atau sumber daya manusia yang ada di sekitar tempat tinggal atau membuka jaringan bisnis yang memiliki prospek.
  • Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungannya dengan membuka lapangan pekerjaan.
  • Mengembangkan atau mampu menularkan semangat wirausaha pada orang lain.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ciri ciri yang ada pada wirausaha pada masyarakat di sekitarnya.
  • Menyebarkan semangat berkreasi dan berinovasi pada dunia bisnis

C. Ciri – ciri Kewirausahaan

Apakah Anda seorang wirausaha? Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah ciri ciri kewirausahaan yang perlu diketahui oleh masyarakat:

 1. Berani berkreasi

Banyak orang yang bermimpi untuk memiliki usaha atau bisnis yang luas dan maju. Tetapi, hanya sedikit orang yang mampu mewujudkan mimpi tersebut. Hanya orang yang memiliki keberanian yang mau berusaha dan pantang menyerah. Wirausaha memiliki banyak impian yang selalu berusaha untuk diwujudkan. Percayalah, dengan doa dan usaha, maka impian itu pasti akan terwujud.

2. Berani menanggung risiko

Wirausaha juga harus berani menanggung risiko. Perencanaan yang sudah dibuat terkadang tidak berjalan mulus sesuai harapan. Tetapi, hanya Tuhan yang menentukan. Jadikan risiko sebagai pelajaran tambahan agar lebih mempersiapkan segalanya lebih matang. Lakukan pengamatan dan survey tepat, sebelum menjalankan ide ide baru untuk meminimalisir adanya risiko.

3. Bersemangat dan bekerja keras

Di saat orang lain sedang tidur nyenyak, bisa jadi wira usaha sudah harus bangun untuk menyiapkan bisnisnya di pagi buta. Tetapi, semua pekerjaan dan kerja keras yang dijalani akan membuahkan hasil manis di kemudian hari.

4. Pandai menganalisa

Wira usaha pandai membaca adanya peluang – peluang baru yang bisa muncul kapan saja. Misalnya potensi telo ungu atau memanfaatkan limbah industri untuk kerajinan tangan. Sesuatu yang tidak berguna di tangan wira usaha menjadi produk yang memiliki nilai lebih.

5. Tidak boros

Wira usaha tidak terlalu konsumtif atau boros meskipun penghasilannya besar. Lebih baik, penghasilan dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak dari pada hanya untuk berfoya – foya.

6. Jiwa kepemimpinan tinggi

Tak jarang, wira usaha harus memimpin sejumlah karyawan yang berarti mengelola sumber daya manusia yang ada di dalam lini bisnisnya. Bagaimana mengelola sumber daya, bukan suatu hal yang mudah. Butuh kesabaran dan terus belajar.

7. Pandangan jauh ke depan

Wira usaha juga memiliki visi dan misi dalam hidupnya yang setahap demi setahap dapat dilakukan. Apa yang akan ia lakukan dan jalani 10 tahun ke depan? Sudah direncanakan sejak beberapa tahun sebelumnya. Masa depan sudah ada dalam rancangan. Tetapi, tetap saja semua dipasrahkan kepada Alloh SWT.

Baca Juga:

Mari kita menjadi wira usaha yang sukses untuk memberdayakan lingkungan sekitar. Sekian dan terima Kasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme