Ilmu Pengetahuan Lengkap

Fredikurniawan.com




Pengertian Seleksi Alam dan Contohnya

Pengertian Seleksi Alam dan Contohnya – Seleksi Alam merupakan kemampuan alam untuk melakukan seleksi atau penyaringan terhadap semua makhluk hidup atau organisme yang mampu hidup dilingkungannya dan yang tidak mampu hidup (mati) dilingkunganya.

Seleksi alam juga termasuk kedalam teori evolusi yang merupakan salah satu teori yang mengatakan bahwa makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan dalam jangka yang cukup lama akan mengalami kepunahan.

Baca: Pengertian Pertanian dan Contohnya

Dampak atau akibat dari seleksi alam

Dampak dari seleksi alam dapat dicontohkan sebagai berikut:

  • Kepunahan suatu makhluk hidup yang langkah, terutamanya burung puyuh liar, dinousaurus dan hewan lainnya. Hal ini disebabkan tingkat reproduksi rendah, perburuan liar dan bencana alam.
  • Terbentuknya spesies baru yang disebabkan berevolusi dalam waktu yang cukup lama sehingga membentuk spesies baru, terutamanya burung finch yang merupakan burung yang berasal dari Gapalagos, Amerika Selatan. Menurut Darwin, mengatakan bahwa dengan perpindahan burung beradaptasi diberbagai tempat sehingga burung tersebut memiliki variasi yang beragam, misalnya burung fich darat besar, burung finch pohon dan burung finch pelatuk dan lain-lain.

Faktor-faktor Penyebab Seleksi Alam

Faktor yang menyebabkan seleksi alam adalah:

  • Iklim atau cuaca yang tidak sesuai dengan makhluk hidup
  • Ketersediaan makanan yang kurang memadai
  • Tempat tinggal atau kompotensi interspesifik yang kurang sesuai dengan makhluk hidup

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang pengertian seleksi alam, dampak seleksi alam, akibat seleksi alam, faktor penyebab seleksi alam semoga berguna dan bermanfaat serta dapat membantu menambah wawasan anda. Terima kasih

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fredikurniawan.com © 2019 Frontier Theme