Pengertian Jajar Legowo, Prinsip dan Manfaat Jajar Legowo

Diposting pada

Istilah jajar legowo berasal dari bahasa Jawa, lego (lega) dan dowo (panjang), hal ini dipekenankan oleh pejabat dinas pertanian Banjarnegara, Legowo pada tahun 1996. Pengertian Jajar Legowo secara umum adalah sistem tanamyang di lakukan berselang antara dua atau lebih baris tanaman tanaman padi dan satu baris kosong. 

Baca: 14 Cara Membedakan Burung Gereja Jantan dan Betina

A. Pengertian Sistem Jajar Legowo

Sistem jajar legowo adalah salah satu sistem penanaman yang di lakukan dengan cara mengatur jarak antar benih pada saat penanaman, biasanya tanaman yang diterapkan pada sistem ini adalah padi.

Adapun defenisi sistem jajar legowo adalah sistem tanam dengan pola tanam berselingan antara dua atau lebih barisan tanaman dan satu barisan dikosongkan.

B. Prinsip Sistem Jajar Legowo

Prinsip dalam sistem jajar legowo, antara lain:

  • Perancangan untuk mendapatkan peningkatan populasi lebih dari 160.000/ha,
  • Memberikan efek tanaman pinggir yang lebih baik dan efektif.
  • Meningkatkan populasi pertanaman.
  • Tipe tanam sistem jajar legowo, yaitu 1. (2:1), di buat garis tanam 40 cm  x 20 cm x 10 cm), 2. (4:1), 20 cm x 10 x cm x 40.
Tipe 2:1 dan 4:1

C. Manfaat Sistem Jajar Legowo

  1. Memanfaatkan sinar matahari bagi tanaman yang berada di pinggir barisan. Sehingga banyak sinar matahari yang mengenai tanaman, maka proses fotosintesis oleh daun tanaman semakin tinggi sehingga membuat bobot semakin berat.
  2. Mengurangi serangan hama, terutamanya tikus.
  3. Menekan serangan penyakit. Selain itu, Lahan yang terbuka, kelembaban akan menurun sehingga serangan penyakit juga akan berkurang.
  4. Mempermudah elaksanaan pemupukan dan pengendalian hama/penyakit.
  5. Menambah populasi tanaman. Populasi tanaman akan bertambah 30%, akan memberiukan harapan peningkatan produktivitas hasil.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian Sistem Jajar Legowo, Prinsip dan Manfaat Jajar Legowo Lengkap. Semoga artikel di atas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.