Cara Vaksinasi Ayam Potong Broiler

Cara Vaksinasi Ayam Potong Broiler – Vaksinasi atau dikenal dengan vaksin merupakan salah satu tindakan yang dilakukan oleh peternak bertujuan untuk melemahkan atau mematikan suatu virus/bakteri atau pun kuman didalam tubuh ternak.

Selain itu juga, vaksinasi juga bertujuan untuk meningkatkan kekebalan didalam tubuh ternak serta mencegah serangan berbagai penyakit pada ternak.

Ada 3 Cara Vaksinasi Ternak Ayam Potong Broiler

1.Vaksinasi Melalui Suntik atau Injeksi

Vaksinasi melalui suntik atau injector biasanya dilakukan penyimpanan terlebih dahulu dilemari sebelum melakukannya bertujuan untuk menyesuaikan suhunya dengan lingkungan. Biasanya ternak ayam potong broiler disuntikan di bagian pangkal paha (Musculus) dengan dosis yang sudah ditentukan oleh injector, seperti 0,5 untuk vaksin AI.

2.Vaksninasi Melalui Air Minum

Vaksinasi melalui air minum ini tidak boleh dicampurkan dengan klorin atau desinfektan lainnya. Sebelum melakukan vaksinasi melalui air minum, ayam ternak broiler harus di puasakan terlebih sekitar 1-2 jam sebelum vaksinasi. Bahan yang harus disediakan yaitu susu krim 2 gram/1 liter, dan dosisi vaksinasi 20% dari kebutuhan minum ternak  30-40 ml.

Penentuan vaksinasi melalui air minum, bisa juga ditentukan dengan rumus

Metode vaksinasi ini memang sangat tergolong muda, namun tingkat kefektivitasnya kurang maksimal.

3.Vaksinasi Melalui Tetes Air Mata

Vaksinasi melalui tetes mata ini juga tergolong sangat muda dan simple. Peternak harus meneteskan vaksin kedalam mata harus terserap sempurna ke dalam kelopak mata. Setelah itu baru boleh melepaskan ayam ketika sudah terserap sempurna. Dosis vaksin yang diberikan untuk tetes air mata berkisar 1 ml per ekornya,

Demikianlah artikel tentang Cara Vaksinasi Ayam Potong Broiler semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.