10 Cara Merawat Ikan Mas Koki dengan Mudah

Diposting pada

Merawat/Memelihara ikan mas koki – Dalam pemeliharaan ikan mas koki harus lah di lakukan secara intensif yang akan membuat ikan tumbuh dan berkembang dengan sangat sehat dan juga sangat memiliki warna yang sangat lah bagus. Maka dari itu pemeliharaan ikan hias mas koki ini harus anda perhatikan juga karena sangat lah berpengaruh juga dalam pertumbuhannya.

Merawat ikan mas koki

Berikut beberapa tips pemeliharaan dan merawat ikan mas koki yang sangat lah efektif.

Baca: Cara Membuat Pakan Fermentasi Ternak Dengan Jerami

Cara Merawat Ikan Mas Koki

1. Penggunaan air baik

Hal pertama yang harus di lakukan adalah menjaga kualitas air dengan baik. Biasanya di lakukan pengukuran dan pengamatan. PH air yang baik berkisar 7-8, dan suhu idealnya 20-25 derajat celcius.

2. Biofiltrasi

Biofiltrasi merupakan sebuah media yang sangat lah penting dalam pemeliharaan ikan mas koki , Pada media ini mengunakan matt sintetis buatan jepang . Dapat anda jumpai dan temukan sekitar penjualan ikan mas koki , Dengan melakukan sebuah media ini akan membantu membuang dan menyaring kotoran – kotoran yang ada dalam kolam maupun akuarium anda .

Dengan begitu air yang ada di dalam akan stabil dan normal , Namun jika anda tidak lah mau melakukan sebuah pengurasan maka anda melakukan hal ini saja tetapi akan juga kelamaan akan mengakibatkan sebuah penumpukan zat makanan yang akan mengakibatkan bakteri . Sebab itu anda harus mengimbanginya dengan mengunakan air secar parsial secar rutinnya .

3. Air hijau ( greenwater method )

Secara umumnya ini di pakai pada farm ikan koki , hal ini termasuk metode paling primitif. Karena membiarkan air tawar di dalam kolam sampai berwarna hijau akibat pertumbuhan lumut yang sangat lah banyak . Namun lumut yang harus tumbuh di dalam air bukan dinding kolam yang tidak lah bagus untuk ikan .

Setelah air menjadi hijau maka lakukan pergantian air dengan warna biru , hal ini dapat anda lakukan dengan usaha yang konsisten agar menjaga ketingkat kehijauan air . Dapat di lakukan dengan cara pada saat di ganti , Lakukan penyimpanan 1 ember air lama namun di campurkan sampai merat dengan air yang baru.

Dengan begitu , Pertumbuhan lumut ini akan memberikan sebuah keuntungan yang sangat lah baik bagi pemeliharaan ikan mas koki dalan perkembang biakan yaitu dapat membuat warna ikan mas koki lebih cerah dan berkesan  dan harga jual sangat lah tinggi.

4. Mekanikal filtering

Mekanikal filtering Merupakan sebuah alat yang mampu menyaring kotoran dalam kolam atau akuriaum , Sehingga air selalu bersih dan steril . Tetapi hindari juga kadar amonia yang sangat lah tinggi yang mengakibatkan sebuah angka kematian pada ikan mas koki .

Sebaiknya dala melakukan hal ini di lakukan secara teliti dan juga di imbangi dengan pencuci media filter, dengan begitu akan membantu mempercepat pertumbuhan pada ikan mas koki dengan santa lah cepat .

5. Pergantian air

Jika kadar amino di dalam air yang di sebabkan oleh penumpukan kotoran pada ikan mas, Maka dengan pergantian ini akan membuat zat sisa kotoran atau penumpukan makanan di lakukan pembuangan seiringan dengan pergantian air pada kolam atau akuarium.

6. Ukuran Akuarium

Gunakan akuarium yang tidak terlalu sempit, di karenakan dapat menghambat pergerakan ikan dan pertumbuhan ikan. Biasanya ukuran akuarium ikan mas koki dengan panjang 80 cm x lebar 40 cm x tinggi 30 cm. Namun perhatikan penyebaran ikan biasanya jangan terlalu banyak, supaya tidak terjadi kepadatan di dalam akuarium.

7. Melengkapi dengan berbagai aksesoris

Dengan menambahkan berbagai aksesoris di dalam akuriuam seperti bebatuan, karang buatan, dan lainnya seperti tampak habitat aslinya dapat membantu mempercepat penyesuaian ikan mas koki. Selain itu, dapat pula meningkatkan perkembang biakan ikan mas koki menjadi lebih baik lagi.

8. Menghindari pencampuran ikan lain

Hindari pencampuran ikan mas koki dengan ikan lain, hal tersebut dapat menggangu pergerakan dan pertumbuhan ikan. Di karenakan ikan mas koki susah untuk penyesuaian dengan ikan lain.

9. Menjaga Kebersihan akuarium

Kebersihan akuarium sangat lah penting di lakukan untuk menghindari tingkat kematian dan keracunan ternak ikan mas koki. Bersihkan akuarium 2-3 kali dalam seminggu untuk menghindari jamur pada akurium dan pertumbuhan bakteri.

10. Memberikan pakan berkualitas

Memberikan berkualitas sangat penting di lakukan, biasa pakan yang di berikan yaitu cacing sutra, jentik nyamuk, kutu air dan pakan komersial (pelet). Pemberian pakan yang baik di lakukan 2 kali dalam sehari.

Baca: Cara Menanam Lada Perdu di Pot (Polybag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.