Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Budidaya Anggur Di Pekarangan Rumah Yang Menjanjikan

Budidaya Anggur Di Pekarangan Rumah Yang Menjanjikan –  Buah anggur ( Vitaceae ) merupakan tanaman yang merambat dan biasanya buah ini di gunakan sebagai jus anggur , jelly , minuman segar , minyak biji anggur dan kimis dan bisa juga anda mengonsumsi buah ini secara langsung . perlu diketahui tanamana ini sudah banyak di budi yakan di manapun dan sudah sangat menyebar luas di asia tenggara karena buahnya sangat lah manis dan warna nya bervariasi . Biasanya buah ini di tanam dengan lahan yang sangat lah luas . tapi kali ini saya akan membahas cara penanaman buah anggur di tempaat yang minim laahan yang pastinya di pekarangan rumah anda simak cara dan langkah – langkah dalam budidaya buah anggur ini sebagai berikut:

budidaya anggur

A. Peryaratan Tumbuh

a. Iklim

Anggurmerupakan salah satu tanaman yang hidup di daerah dataran rendah . Tanaman ini bahkan membutuhkan musim kemaarau aantara 4 – 7 bulan bertujuan agar dapat tumbuh dan berkembang serta terken acahaya matahari yang sangat lah cukup tinggi . Curah hujan yang di perlukan buah anggur aantara 800 mm / tahun . dengan suhu maksimal 31 oC samapai dengan suhu minimum 23 oC dan kelembapan antara 75 – 80 % .

b. Media Tanam

Ada beberapa jenis tanah yang dapat menghambat pertumbuhan anggur tanah tersebut antara lainnya : mengandung pasirdan lempung . selain itu tanah yang harus di gunakan harsu subur dan berstruktur gembur . dengan keasaman pH yang netral yaitu 7.

B. Manfaat Tanaman

Buah anggur ini sangat lah bermanfaat karena mengandun senyawa metabolit sekunder yaitu berfungsi meningkaatkan kerja sel endothelial yang berperan dalam melancarkan aliran darah dalam arteri yang terkait  dengan aktifitas terhadap sel – sel otothalus . Nah agar lebih lengkapnya manfaat buah anggur lihat aja selengkapnya di Manfaat Khasiat Buah Anggur bagi Kesehatan tubuh.

C. Cara Budidaya Anggur DI Pekarangan

Cara penanaman buah anggur di pekarangan rumah memiliki 2 cara yaitu dengan cara di pot dan tidak di pot , tetapi kali sayaa akan bahas di pot karena sangta lah simple dan tidak memerlukan lahan yang lebar dan luas cara nya dan langkah – langkah awal sebelum penanaman di pot sebagai berikut :

1. Pemilihan bibit

  • Bibit yang sudah di cangkok
  • Posisi batang yang tegaki
  • Memiliki daun yang lebar dan normal 5 dalembar daun
  • Keadaan tidak terserang hama dan penyakit
  • Berumur sekitar 6 bulan setelah awal pencangkokan / stek

2. Pengelohan tanam

Pengelolahan ini di perluhkan karena buah anggur membutuhkan penyangga  batangnya yang di buat dari kayu dan bamboo paanjang nya sesuai dengan ketinggian pada buah anggur .

3. Menyiapkan Pot

Persiapan ini di lakukan dengan cara pot terbuat dari kayu , plastic dan juga bekas ember atau pun bisa kaleng cat . yang penting berdiameter 30 cm dan tinggi 40 cm .lalu di lubangi bagian bawaah agar bisa menjadi pembuangan air.

4. Persiapan Tanah

Tanaha yang baik untuk tanaman anggur adalah  tanah yang gembur , subur mengandung unusr hara  yang tinggi dan ph yang sangta laah netral . serta campurkan pupuk kandang dengan perbandingan tanah 1 : 2 semua di campur merata lalau di masukan alam pot

5. Penanaman anggur

Penanaman ini dengan cara merobek plastik pembibitan atau cangkokan anggur secara berhati –hati  jangan sampai tanaman rusak . lalau bibit buah anggur di letkan di bagian tengah yang telah di lubangi dengan ukuran yang sama seperti bibit anggur.setelah itu di lakukan penanaman , lalu siram dan simpan yang sejuk biarkan selama 2 – 3 minggu baru di pindahkan ketempat yang anda inginkan tetpi harus terkenah cahaya matahari.

6. Penyiraman 

Pada awal pertumbuhan tanaman membutuhkan air jumlah yang sangat lah relative banyak . tanaman ini disarm 2 x sehari setelah berumur 2 bulan penyiraman di kurangi menjadi 2 hari sekali.

7. Pemupukan

Kandungan unsure hara tanah tidak akan mencukupi ketika buah anggur semangkindewasa serta pemupukan di lakukan dengan dosis sebagaoi berikut :

  • NPK 15 -15-15 , 10 gram/po 10 hari –3 bulan
  • NPK 15 -15-15 , 20 – 30 gram /pot 3 -6 bulan
  • 16 bulan pupuk kandang
  • 2 tahun KCL 100gram /pot

8. Pemangkasan

Tujuan dari pemangkasan adalah untuk emproleh bentuk tanaman yang sangta lah rapid an koko dan buah nya mengahsilkan , pemankasan ini di lakukan berumur lebiih dari 1 tahun . ranting dan cabang yang tidak beraturan . darai pemangkasan ini menhasilakn  tunas baru yang akan muncul bunhga dan juga bakal buah .serta tunggu 100 -110 hari setelah pemangkasan buah anggur akan siap di panen dengan cara mengunakan gunting agar buah di mam dan kecut

Sekian panduan dan langkah –langkah yang benar tentang ” budidaya buah anggur di pekarangnan rumah “ , semoga bermanfaat bagi para pembaca khusunya dan masyrakat Indonesia . selamat mencoba semoga berhasil ..

Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme