Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya dan Penanaman Buah Melon Dalam Pot

Cara Budidaya dan Penanaman Buah Melon Dalam Pot  – Salah satu tanam yang paling ngetren dan primadona adalah buah melon , pastinya anda ingin menanam yang di pekarangan rumah , maupun di belakang rumah anda agar terlihat rumah anda bagus dan juga sangat lah menghasilkan juga . apabila sudah mulai berbuah maka memiliki daya tarik yang sangat luar biasa buat anda maupun orang lain yang melihat nya .

DI POT

mengembangkan dan budidaya buah melon bisa di lakukan di mana saja baik daratan rendah maupun daratan tinggi , nah kali ini saya akan mengulas bagaimana sih cara menanam buah melon di dalam pot yang asangat lah mudah dan praktis di lakukan . langsung saja .

ALAT DAN BAHAN YANG DI PERLUKAN

1. Bibit unggul buah melon

2. Pot ataupun polibet

3. Tanah

4. Pupuk kandang

5. Pupus Kompos

6. Kayu penyokong

LANGKAH – LANGKAHNYA 

1. Siapkan buah melon yang sudah dewasa , belah menjadi dua bagian , lalu ambil bijinya dan cuci pisahkan dari serabut yang ada di dagingnya , kemudian di jemur dan di anginkan selama 3 hari .

2. siapkan tanah yang tadi lalu campur tanah dan di olah dengan pupuk kandang dan kompos agar tanah menjadi subur dan gembur dan masukan tanah yang sudah di olah kedalam pot dan biarkan selama 3 hari.

3. setelah tiga hari media tanam pun di lakukan , yaitu dengan satu pot di isi dengan 3 biji bibit melon dengan kedalaman 5 cm , perhatikan tanah jangan sampai padat karena akan menghambat pertumbuhan melon.

4. selanjutnya persemaian di lakukan pot harus di tempat teduh dan hindari paparan matahari langsung , dan siram lah 2 hari sekali secara teratur agar tanah tidak kering .

5. setelah 2-3 minggu yaitu pentunasan pun dilakukan tetapi yang sudah berukuran 10 cm , lalu  pot di [indah kan ke tempat yang lebih luas dan juga terkena matahari agar terkena matahari yangsangat lah maksimal. lalu di tingkat kan lagi sistem penyiraman karena pertumbuhan melon memrlukan air yang besar.

6. perlunya pemupukan ulang karena usia telah mencapai 1 bulan , bertujauan agar tanha tetap subur dan gembur.

7. tanaman buah melon harus di bei kayu untuk menyokong dan juga agar terhindar dari hama tanaman .

8. setelah bunga mulai muncul , di beri lagi pemupukan ulang denagn pupuk kandang agar buah yang di hasilkan maksimal.

9. setelah itu pengurangan penyiraman agak di turunkan hal ini bertujuan agra kadar air yang di serap tidak menghasilkan buah yang  busuk dan juga berair.

10. pemanaena aka di lakukan ketika 8 -12 minggu , dan buah melon akan memiliki tangkai yang mengkerut ,dan alat yang di gunakan gunting atau pisau agar memotong tangkai buah dengan mudah .

selamat mencoba menanam buah melon di dalam pot denmgan mudah ya .

Baca Juga Artikel :

2 Comments

Add a Comment
  1. heri

    mantap gan infonya.. sangat membantu
    thanks gan

  2. fredikurniawan

    Sama – sama pak heri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme