Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Sukses Budidaya Ikan lele Dumbo

Cara Sukses Budidaya Ikan lele Dumbo – Budidaya ikan lele dumbo merupakan suatu peluang usaha yang sangatla menjanjikan di karena tingkat permintaan ikan lele dumbo semakain lama semakin meningkat dan mengalami kenaikan setiap harinya seiring semakin banyaknya sebuah warung rumah makan dan di pasaran lainnya dan biasanya lele dumbo ini menjadi menu utam yang ada di indonesia karena dengan rasa nya yang khas dan sepesial untuk di jadikan apapun.

dumbo

Cara Budidaya Lele Dumbo

1. Proses pembuatan kolam

Kolam [adaikanini sebaiknya berukuran 7 x 5 m dan kedalam 1 meter . Setelah kolam di buat di tanah  keringkan selama 3 hari dan taburkan  zat kapur 100 m / segi serta tambah kan pupuk kandang secukupnya . hal ini dilakukan agar hama pada tanah dapat hilang dan juga menumb uha kan makanan pada lele secara alami.

2. Pembenihan lele dumbo

Pembenihan i di tebarkan pagi hari sekitar 400 ekor dengan ukuran bibit sekitar 1 bulan masa benihan

3. Pemeliharahan pakan

Pakan pada lele sebenarnya tidak laha nda kasih lagi karena dalam masa pembuatan lele tadi membuat pakan seperti zooplankto dan hytoplankton tetapi anda juga bisa berikan makan br ( pelet ) dan kotoran ternak ayam .

4. Pembasmi hama

Penyakit yang terjadi pada ikan yaitu icthyopthirius multifilis ( binti hitam ) hal ini dapat di basmi dengan pertukaran air secara bersekala dan pengapuran . dan cara alaminya dengan cara penyebaran garam secara bersekala

5. Pasca panen

Lel dumbo dapat di panen sekitar berumur 3 bulan sejak pembenihan . Dengan ukuran tubuh 10 gram  menjadi 200 gr – 500 grm

Kelebihan membudidaya kan lele dumbo

  1. Penyesuaian sangatlah baik
  2. Budidayanya sangatlah cepat
  3. Rasanya sangatlah enak
  4. Banyak yang meminati
  5. Harganya terjangkau buat masyarakat

Nah itulah cara sukses budidaya  lele dumbo semoga anda dapat yang ingin membudidayakannya . selamat mencobanya

baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme