Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Suplemen Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing

Cara Membuat Suplemen Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing Beternak kambing merupakan salah satu kegiatan yang paling populer di kalangan masyarakat tanah air. Beternak kambing tidak begitu sulit, namun juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang intensif. Salah satu pemeliharaan untuk beternak kambing yang tidak boleh dilewatkan adalah memberikan suplemen dari bahan-bahan alamiah yaitu bahan organik HMNMO.

 Cara Membuat Suplemen Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing

Apa itu HMNMO? Ini adalah singkatan dari Herbal Multi Nutrisi Mineral Organik. Yaitu pakan yang bernutrisi sebagai tambahan atau pelengkap gizi kambing untuk memperbaiki saluran cerna sehingga kesehatan ternak kambing bisa terjaga. Di samping itu, bahan organik HMNMO juga merupakan anti cacing yang diharapkan bisa membuat ternak kambing lebih tahan terhadap serangan cacing agar bisa tumbuh sehat dan tidak mudah mati.

Baca: Panduan Budidaya Ternak Ayam Kampung Agar Menguntungkan

Nah, bagaimana Cara Membuat Suplemen Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing? Berikut ini beberapa langkah mudah membuat Suplemen Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing.

Cara Membuat Suplemen Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing

Pertama, sediakan beberapa bahan-bahan di antaranya sebagai berikut:

Daun kelor sebanyak 25 kg yang sudah dijadikan tepung

Dedak sebanyak 10 kg

Semen sebanyak 5 kg

Tepung tapioca sebanyak 5 kg

Tepung rumput laut sebanyak 3 kg

Gula aren atau gula merah sebanyak 10 kg

Garam sebanyak 10 kg

Cara Membuat Suplemen Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat  Suplemen Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing

  1. Langkah pertama, ambil tepung tapioka sebanyak 5 kg kemudian dicampur dengan 5 kg semen, aduk hingga merata.
  2. Apabila sudah merata, ambil campuran dan dibagi menjadi 2
  3. Bagian pertama, bisa dicampur lagi dengan tepung rumput laut sebanyak 3 kg. Lalu, masukkan bagian kedua yang sudah disisakan tadi, aduk hingga tercampur rata.
  4. Langkah ke-empat, ambil tepung daun kelor sebanyak 24 kg lalu dicampur dengan dedak 10 kg, lalu dibagi menjadi 2 bagian.
  5. Bagian pertama dicampur dengan campuran yang sebelumnya terbuat dari semen, tepung tapioka, dan rumput laut tadi pada poin ke 2. Lalu, campurkan bagian sisa atau bagian kedua yaitu tepung daun kelor dan dedak, aduk lagi hingga merata. Sisihkan.
  6. Sekarang, kita akan membuat larutan gula dan garam dengan cara melarutkan bahan garam 10 kg dan gula merah sebanyak 10 kg dengan air.
  7. Larutan gula dan garam ini bisa ditambahkan ke dalam bahan pada langkah ke 4, sambil terus diaduk perlahan-lahan sampai teksturnya bisa dibentuk.
  8. Selanjutnya, suplemen bahan hmnmo bisa dijemur agar lebih kering atau dioven.
  9. Bahan organik hmnmo sebagai suplemen tambahan ternak kambing bisa diberikan dalam bentuk kering atau dicampur dengan sedikit air untuk pakan ternak kambing.

Baca Juga:

Demikianlah Informasi tentang Cara Membuat Suplemen Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing semoga dapat berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme