6 Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga

Diposting pada

 Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga – Bunga Anggrek merupakan salah satu tumbuhan yang sangat di kenal dan populer, karena memiliki warna yang indah dan menarik. Tak hanya itu, bunga anggrek juga memiliki ragam dan variasi bentuk sehingga  banyak yang menyukainya.

2.1

Pemeliharaan bunga anggrek memang hampir sama dengan bunga lainnya, namun hanya memiliki perbedaan pembungaan yang cukup lama. Dalam perawatan dan pemeliharaan bunga anggrek dengan baik dan tepat harus di lakukan beberapa cara untuk mendapatkan itu semua. Berikut  ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan bunga anggrek tumbuh dengan baik dan cepat berbunga. Jika penasaran, langsung saja simak ulasan berikut.

Baca : Cara Menanam Bunga Kertas Agar Cepat Tumbuh

1. Pelindung Tanaman Yang Sesuai


Bunga anggrek biasanya di tanaman di dalam rumah, yang akan membutuhkan cahaya 50 % – 70 % untuk membantu proses fotosintesis dan menyimpanan untuk cadangan makanan. jika penanaman di dalam rumah, harus di beri pelindung dengan memberikan paranet agar menampung cahaya matahari secara tidak langsung.

2. Pengaturan Tanaman 


Pengaturan bunga anggrek memang sangat di butuhkan, pengaturan dalam penanaman, pengaturan media tanam, dan pengaturan tempat penanaman yang sesuai dengan tumbuhan bunga anggrek. Biasanya pengaturan penanaman ini harus di sesuai dengan tempat yang datar dengan ketinggian 30 cm – 60 cm bertujuan agar aliran air terbuka dan tempat keluar masuknya oksigen. Selain itu, perhatikan juga kelembaban lingkungan karena akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan pembungaan pada tanaman ini. Kelembaban yang di butuhkan tanaman ini adalah 60 % – 80 %.

3. Media Tanam


Media tanam yang ideal di gunakan untuk tanaman bunga anggrek ini biasanya tersusun dari 2 susu, 1/3 sisi bagian bawah media tanaman berisi dengan potongan batu bata dan terusun dengan rapi. Atau dengan menggunakan media tanam pot dengan ukuran besar agar perakaran tanaman dalam pot dapat menyebar. Pot tersebut yang baik di gunakan memiliki lubang – lubang halus atau pori – pori berukuran kecil agar dapat membantu pengeluaran sisa air yang di lakukan penyiraman atau membantu masuk dan keluarnya oksigen pada tanaman bunga anggrek.

4. Penyiraman Tanaman


 Tanaman bunga anggrek paling ideal adalah di lakukan dua kali dalam sehari, penyiraman bisa di lakukan pada jam 7 pagi dan sore hari pada jam 3 – 5. Penyiraman ini juga harus di perhatikan, ketika musim penghujan sebaiknya mengurangi penyiraman atau tidak di lakukan penyiraman di karenakan tanaman sudah mendapatkan kandungan air.

5. Pemupukan


Pemupukan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tanaman yang cepat tumbuh dan berkembang serta mempercepat pembungaan. Pemberian pupuk ini biasanya menggunakan pupuk dengan kandungan unsur hara P yang tinggi dan mengimbanginya dengan pupuk anorganik penyubur tanaman dan organik penyepat tanaman berbunga takaran harus sesuai dengan di tentukan karena dapat mempengaruhi tanaman.

6. Pemberian ZPT/ Hormon


Pemberian ZPT/ hormon ini bertujuan sama dengan pemupukan yaitu dapat mempercepat pembungaan dan pertumbuhan tanaman. Pemberiaan ini biasanya dapat di beli di tokoh terdekat dan menggunakan bahan alami dengan menggunakan air kelapa dengan konsentrasi 15 % kemudian lakukan penyemprotan tanaman.

7. Pengendalian Hama dan Penyakit Secara Teratur


Mengatasi hal ini  secara teratur sangat penting di lakukan, karena hama dan penyakit akan menghambat pertumbuhan dan pembungaan sehingga harus di lakukan pengendalian. Pengendalian tersebut dapat bisa di lakukan dengan cara sanitasi pot atau lingkungan sekitar, mencabut atau membuang gulma pada tanaman, dan melakukan penyemprotan insektisida dan pestisida sesuai dengan dosis yang di tentukan.

Baca juga :

Itulah cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga semoga informasi kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.