Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Edelweis

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Edelweis – Tanaman bunga edelweis adalah salah satu tanaman yang sangat populer dan dikenal banyak masyarakat, tanaman ini biasanya dapat ditemukan pada dataran tinggi seperti pegunungan, perbukitan dan juga lainnya.  Selain itu, tanaman edelweis ini termasuk kedalam genus yang terdiri dari 1.600 – 1.700 yang menyebar di berbagai belahan dunia, dan juga memiliki spesies 30.000 spesies bahkan lebih.

1

Secara umumnya, tanaman ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan juga dikenal sebagai bunga abadi, dikarenakan tumbuh dengan baik pada dataran tinggi tanpa memerlukan air yang cukup banyak dan juga dapat berbunga hingga bertahan cukup lama. Secara sistematis botani, tanaman ini dapat diklasifikasi dan morfologi adalah sebagai berikut.

Baca : 5 Fakta Unik Tentang Bunga Edelweis

Klasifikasi bunga edelweis

Kingdom : Plantae

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Asteridae

Ordo : Asterales

Famili : Asteraceae

Genus : Anaphalis

Spesies : Anaphalis javanica, ( wikipedia )

Morfologi bunga edelweis

1. Akar

Tanaman ini memiliki perakaran yang merambat atau hanya menyebar di permukaan, biasanya tanaman ini memiliki sifat epifit yang hanya membutuhkan tanaman lainnnya untuk melakukan bersimbosis yang membantu untuk memperluas penyerapan atau pengambilan air dan nutrisi yang ada di dalam tanah.

2. Daun

Tanaman ini memiliki daun berwarna putih, berbulu, berbentuk tombak, pertulangan menyirip, dan juga memiliki tangkai daun sekitar 3-20 cm bahkan lebih. Daun pada tanaman ini juga memiliki manfaat yang sangat besar sebagai bahan alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

3. Bunga

Bunga tanaman ini terdiri dari 506 kepala bunga yang berwarna kuning, dan berukuran sangat kecil. Bagian kepala bunga ini di tutupi dan di kelilingan dengan daun muda yang hampir menyerupai bintang, dan juga tersusun dari beberapa  kuntum. Penyerbuan bunga ini biasanya di bantu dengan angin maupun binatang yang ada disekitar tanaman.

Baca juga :

Demikianlah ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi bunga edelweis semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat. Jangan Lupa Subribe, untuk mendapatkan artikel lainnya secara offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme