Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Hama dan Penyakit Kambing Peranakan Etawa (PE)

Jenis Hama dan Penyakit Kambing Peranakan Etawa (PE) – Berternak merupakan salah satu jenis usaha mandiri yang banyak dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. Memungkinkan perolehan keuntungan yang menjanjikan melalui berternak, merupakan alasan kuat semakin banyak peternak mandiri bermunculan. Demikianlah juga dengan peternak kambing peranakan etawa yang semakin banyak dapat kita temukan. Akan tetapi, setiap usaha tentu akan memiliki faktor penghambat. Salah satu faktor penghambat dalam berternak adalah kemungkinan serangan hama dan penyakit kambing peranakan etawa yang kita budidayakan. Tentu saja sebagai peternak anda harus peduli dan tahu mengenai macam hama dan penyakit yang mungkin menyerang ternak anda. Oleh karena itu marilah dalam bacaan ini kita sama-sama mempelajarinya.

1

Apa sajakah jenis hama dan penyakit yang mungkin menyerang kambing peranakan etawa? Berikut ini akan dijelaskan satu per satu mengenai penyakit pada kambing peranakan etawa.

Baca : Cara Membuat Pakan Alternatif Ternak Kambing Dari Kedebog Pisang

  • Penyakit mata pada kambing peranakan etawa; jenis penyakit ini seringkali menyerang kambing peranakan etawa anda disebabkan oleh faktor iklim. Iklim yang tidak baik dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh kambing peranakan etawa menurun. Karena sistem kekebalan tubuh yang menurun, maka kambing menjadi lebih mudah terkena penyakit. Salah satunya adalah penyakit mata yang paling sering diderita kambing peranakan etawa. Penanggulangan penyakit mata pada kambing etawa dapat dilakukan dengan memberikan pengobatan dengan mengompres mata dengan campuran air panas, daun sirih, dan garam. Lakukan pengobatan ini sebanyak satu hingga dua kali sehari.
  • Penyakit gatal pada kambing peranakan etawa; jenis penyakit ini disebabkan oleh penularan dari lingkungan. Gatal-gatal dapat muncul di daerah kaki, tubuh, dan kepala kambing. Karena kemudahannya untuk menular, maka ada baiknya kambing yang terjangkit penyakit gatal untuk dipisahkan kandangnya dengan yang lain. Upaya penanggulangan dapat dilakukan dengan mencampurkan lirang, oli, minyak goreng, dan garam dengan ditumbuk lalu mengoleskannya pada bagian yang gatal.
  • Penyakit tetanus pada kambing peranakan etawa; jenis penyakit ini disebabkan oleh infeksi pada ujung plasenta kambing. Sehingga untuk mencegah kambing anda terkena penyakit tetanus anda harus segera memotong plasenta kambing yang baru lahir dan mengoleskan kunyit padanya. Dengan begitu, pencegahan infeksi tetanus pada kambing dapat dicegah. Sedangkan untuk mengobatinya penyakit tetanus ini, sulit dilakukan. Kebanyakan kambing yang terkena penyakit ini akan berakhir dengan kematian.
  • Penyakit flu pada kambing peranakan etawa; jenis penyakit ini memiliki gejala berupa batuk seperti flu pada umumnya. Untuk pengobatannya dapat dilakukan dengan meminumkan beras kencur hangat pada kambing yang terkena flu.

Baca juga :

Demikianlah empat penyakit yang sering menyerang kambing peranakan etawa. Akan tetapi, masih banyak jenis penyakit lain yang juga dapat menyerang kambing peranakan etawa. Penyakit tersebut antara lain adalah cacingan, kembung diare, dan lain-lain. Kambing peranakan etawa yang terkena penyakit akan menyebabkan produksi yang dihasilkan berkurang bahkan berujung kematian. Oleh karena itu perawatan dan penjagaan kebersihan serta kesehatan ternak menjadi hal yang sangat penting. Pemberian gizi yang cukup dan vaksinasi ternak tentu dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh kambing peranakan etawa anda, sehingga tidak mudah terserang hama dan penyakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme