Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu – Bunga sepatu ini dikenal dengan sebutan kembang sepatu yang termasuk kedalam famili Malvaceae yang berasal dari dari Asia Timur dan banyak di gunakan sebagai tanaman hias didaerah tropis dan subtropis. Bunga sepatu ini menyebar dengan sangat luas dengan sebutan nama yang bervariasi tergantung wilayah dan suku terutamanya di Pulau Jawa dikenal sebagai kembang sepatu, Bali ( waribang ), sulewasi ( ulange ) dan Maluku ( ubu – ubu ).

2

Secara umum, bunga sepatu ini memiliki bunga yang besarm dengan warna merah dan tidak memiliki bau. Bunga ini termasuk  kulitivar dan hibrida yang berupa bunga tunggal maupun bunga ganda yang memiliki warna kekuningan, merah tua dan merah jambu.

Klasifikasi bunga sepatu

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Malvales

Famili : Malvaceae

Genus : Hibicus

Spesies : Hibicus rosa-sinensis L.

Morfologi bunga sepatu

Secara umum, bunga sepatu ini merupakan tanaman perdu, tahunan yang tumbuh dengan tegak dengan ketinggian mencapai 3 meter bahkan lebih. Batang pada bunga sepatu ini bulat, berkayu, keras dengan diameter 9 cm . batang ini memiliki warna mudah unggu dan batang tua memiliki warna putih kotor. Daun bunga sepatu tunggal, bagian tepi tidak merata, pangkal ujung runcing, pangkal tumpul dengan panjang mencapai 10 – 16 cm, lebar 5-11 cm memiliki warna hijau muda, dan hijau tua.

Bunga pada tanaman ini tunggal, memiliki bentuk terompet, dan tumbuh pada ketiak daun. Selain itu, memiliki kelopak berbentuk seperti lonceng yang berwarna kekuningan. Bunga ini memiliki mahkota yang terdiri dari 15 – 20 daun mahkota yang berwarna merah mudah, dengan benang sari banyak serta memiliki  bentuk hampir menyerupai tabung.  Sedangkan bakal buah bunga sepatu ini memiliki ukuran kecil, bebentuk lonjong dengan diameter mencapai 4 mm berwarna putih jika masih muda dan cokelat jika tua.  Perakaran pada bunga sepatu ini tunggang dengan warna kecoklatan, kedalaman perakaran ini menembus tanah mencapai 45 – 60 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan tanaman bunga sepatu.

Kandungan kimia bunga sepatu

Kandungan kimia yang terdapat didalam bunga sepatu mengandung flavonoid. Selain itu, daun pada tanaman ini mengandung saponin, dan polifenol, bagian bunga mengandung polifenol dan bagian akar mengandung tanin, saponin, skopoletin, cleamiscosin A dan cleomiscosin C.

Manfaat dan khasiat bunga sepatu

  • Daun bunga sepatu dapat digunakan sebagai obat demam tinggi pada anak- anak, obat batuk, dan obat sariawan.
  • Daun bunga sepatu dapat menambah vitalitas pria
  • Bunga sepatu dapat menurunkan kadar kolesterol
  • Bunga sepatu juga dapat meningkatkan Level HDL hingga 12 % dan menurunkan kadar gula darah.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme