Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bawang Bombay

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bawang Bombay – Bawang bombay merupakan salah satu tanaman sayuran yang banyak digunakan untuk penambah citra ras suatu masakan atau di gunakan bumbu masakan. Bawang bombay di perkirakan berasal dari India, Bombay ( kota Mumbai ) yang menyebar luas di berbagai belahan dunia.

1

Tanaman bawang bombai ini mudah di budidayakan dan di tanaman pada dataran rendah dan tinggi, dengan curah hujan yang cukup dan intensitas cahaya yang memadai. Nama latin bawang bombay ini Allium cepa yang termasuk kedalam genus allium  dan masih kedalam satu famili dengan Liliaceae ( suku terong – terongan ). Berdasarkan sistematis botani, tanaman bawang bombay dapat di klasifikasi dan morfologi.

Klasifikasi tanaman bawang bombay

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Liliopsida ( berkeping satu / monokotil )

Sub kelas : Lilidae

Ordo : Liliales

Famili : Liliaceae ( suku bawang – bawangan )

Genus : Allium

Spesies : Allium cepa L.

Morfologi tanaman bawang bombay

1. Akar

Bawang bombai memiliki perakaran serabut, yang menjalar di permukaan tanah dengan panjang berkisar 10 cm bahkan lebih, berwarna kecoklatan jika sudah tua dan masih mudah akan berwarna keputihan kotor. Perakaran tanaman bawang bombay ini dapat mencapai kedalaman sekitar 30 cm, dengan peran untuk menyerap unsur air di dalam tanah.

2. Daun

Bawang bombay memiliki daun berbentuk hampir sama dengan pipa, namun berbentuk pipih yang berwarna hijau tua maupun mudah. Pertulangan daun tunggal, mulai dari pangkal daun hingga pangkal ujung daun yang tampak hampir garis yang lebih keras dari daun dan memiliki pangkal daun yang meruncing.

3. Batang

Bawang bombay memiliki batang semu yang terbentuk dari pelepah daun, batang tanaman ini akan terdapat jejak cincin – cincin atau berbentuk bulat di bulan, atau di kenal dengan buku – buku yang berwarna kehijauan tua, keras dan kuat. Bagian pangkal pelepah tersebut berbentuk melebar, dan menebal serta terdapat gelembung atau bengkakan besar yang berguna untuk menyimpan cadangan makanan ( umbi – umbian ).Pada bagian pangkal umbi tersebut yang terdapat di bagian batang rudimeter yang hampir sama dengan cakram yang merupakan bawang bombaynya.

4. Bunga

Bunga bawang bombay termasuk majemuk dan berbentuk bulat melingkar  dengan tangkai bunga yang besar, kuat dan besar pada bagian pangkal bawah. Pada bagian ujung tangkai bunga juga terdapat umbi – umbian kecil yang dapat juga di manfaatkan untuk bibit. Bunga bawang bombay juga memiliki biji yang berbentuk cukup kecil dan berwarna hitam mengkilap serta licin.

Baca juga :

Itulah klasifikasi dan morfologi tanaman bawang bombay semoga informasi kami bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme