Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mudah Dan Praktis Membuat Pupuk Organik Cair

Cara Mudah Dan Praktis Membuat Pupuk Organik Cair  –  pupuk organik cair  ini sangat lah tren masa kini karena banyak sekali petani Indonesia yang mengunakan pupuk ini karena pembuatannya sangat lah mudah dan simple . selain itu pupuk organik cair ini dapat memenuhi dan melengkapi unsur hara tanah dengan sangat lah cepat sehingga pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan cepat tumbuh . sebelumnya pupuk ini bisa anda dapatkan dimana pun dengan harga yang sangat lah mahal jadi saya disini inginmembantu anda dengan cara membuat pupuk ini dengan cara sendirinya mari kita simak cara pembuatan pupuk organic cair sebaagi berikut.

pupuk

Cara pembuatan Pupuk Organik

1. Persiapan Bahan

Bahan yang digunakan organic cair bisa anda dapat kan di sekeliling rumah anda sendiri . yaitu kotoran ternak apa saja , daun bambu , buah-buahan n membusuk dan sayuran yang membusuk dan sampah di sekitar rumah anda .

2. Peralatan

Alat yang di gunakan sebelum membuat pupuk organik  yaitu ember plastik atau kaleng , pisau  dan kayu buat mengaduk pupuk organic

3. Cara pembuatnnya :

  • Kumpulkan bahan – bahan yang sudah disiapkan tadi untuk membuat pupuk organic
  • Lalu masukan kotoran ternak kedalam ember dan tong plastic dan b isa di tutup rapat
  • Sayran membusuk dan buah-buahan yang membusuk di potong sampai sekecil mungkin. Kemudian campurkan kedala tong tadi yangsudah terisi dengan kotoran ternak .
  • Tambahkan EM4 ( bakteri penngurai ) dan campur dengan air gula . antar 1 : 1 kemudian masukan kedalam tong tadi
  • Lalu anda bisa juga menambahkan air kencing anda sekitar 80 %
  • Berikan terasi atau belacan agar mempercepat penguraian pupuk organic dan campurkan semuanya dan aaduk hingga merata dan menkjadi Satu
  • Kemudian turup rapat dan simpan pada tempat yang sejuk dan teduh
  • Selanjutkan diam kan selama 3 minggu  , selama 21  hari setiap 7 hari di buka selama 5 menit -10 menit setelah itu tutup kembali .
  • Setelah itu pupuk organic cair bisa langsung di gunakan untuk tanaman anda .

4. Cara Mengunakan Pupuk Organik

Cara mengunakan sangat lah mudah karena senyawa dan kandungan tidak ada zat kimia , jadi sangat  lah aman bila terkena bagian tubuh . oleh karena itu banyak sekali yang mengunkan pupuk ini dengan cara penyemprotan  dengan cara mencampurkan iar sebelum mengunkannya  antara 80 cc baru bisa anda semprot kan pada tanaman , pengelolahan tanah , pembibitan dan pemeliharaan tanaman .

Terimah kasih atas perhatian para pembaca semoga para petani indonesi  dan masyarakatnya terinsvirasi membuat  pupuk organic cair ini . selamat mencoba nya .

Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme