Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Mengulas Tentang Cara Budidaya dan Penanaman Kacang Tanah

Mengulas Tentang Cara Budidaya dan Penanaman Kacang Tanah  – Tanaman Kacang Tanah merupakan tanaman yang  banyak kita jumpai di sekeliling kita dan banyak sekali yang menanam tanaman ini , kacang tanah ( Arachis Hypogea ) yang banyak di budidayakan di indonesia . karena penanamannya sangt lah mudah . langsung saja saya akan beri tahukan kepada anda bagaiman cara budidaya kacang tanah yang baik dan tepat yaitu sebagai berikut:

kacang tnah

A. JENIS KACANG TANAH

1.Tipe Tegak

 Jenis kacang ini tumbuh lurus atau sedikit miring keatas , buahnya terdapat pada ruas dekat rumpun , pada umumnya pendek ( genjah ) dan pembesarannya sangat lah merata

2. Tipe Menjalar

Jenis ini tumbuh kesamping , batang utamanya berukuran panjang , buahnya terdapat ruas –ruas yang berdekatan dengan tanah dan pada umumnya berumur panjang.

B. MANFAAT TANAMAN KACANG TANAH

manfaat kacang tanah bermanfaat sebagai  untuk pakan ternak sedang kan bijinya seabagi kaya vitamin , minyak nabati dan protein lainnya .

C. SYARAT TUMBUH KACANG TANAH

1. Iklim

Di indonesia sangt lah cocok di tanaman kacang tanah di dataran rendah yang berketinggian 500 m diatas permukaan laut , iklim yang di butuhkan tanaman kacang tanah adalah bersuhu antara 25 °C – 32 °C sedikit lembab dengan curah hujan 800 mm – 1300 mm pertahunnya .

2. Media tanam

Tanaman kacang tanah sangat lah cocok di tanam yang berstruktur ringan seperti tanah regosol , andosol , latosol dan alluvial.hal yang harus di perhatikan dalam pemilihan lahan :

  • Tanah yang cukup subur , gembur dan berstruktur ringan
  • Tanah beraerasi baik
  • Ph tanah antara 6,0 – 6,5

D. CARA BUDIDAYA KACANG TANAH

1. Pembibitan ( benih )

  • benih berasal dari tanaman yang sehat , bebas hama dan penyakit , kualitas bijinya baik dan mempunyai kesempurnaan yang sangt lah tinggi sehingga dapat berkembang dengan cepat dan merat.
  • di panen tepat pada waktunya ( suda pada masanya )
  • mempunyai hasil produksi yang bagus dan tinggi.

2. Pengelolahan Tanah

pengelolahan tanah atau lahan di lakukan denagn car mencangkul , atau klaktor sedanlam 20 -30 cm dan di campurkan oleh pupuk kandang dan juga pupuk kompos .

3. Penanaman

1. waktu tanam

Waktu tanam yang paling baik tanah dalam keadaan awal musim ujan ( oktober – nopember ) jika lahan bekas persawahan maka akan di tanaman pada bulan april – juni .

 2. Cara tanam

Penanaman di lakukan dengan cara mengunakan kayu sedalam 3 cm dan 2 butirnya dalam satu lubang dengan jarak antar tanam 40 cm x 10 cm kemudian lubang di tanam di tutup tanah secara tipis.

4. Pemeliharaan Tanaman

1. Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan mengnakan pupuk urea , sp36 dan kcl serata pupukm kandang jika ada . hal ini di lakukan dengan cara memasukan pupuk kedalam lunag tungal disisi kiri kanan lubang tanam atau di sebar secar merata.

2. Penyulaman

Penyulaman dilakukan apabila benih mengalami tidak tumbuh maka penyisipan akan dilakukan dengan cara membuat lubang lagi dan di tanam kembali.

3. Pengairan

tanaman kacang tidak bisa di tanami air yang tergenang , kacang tanah adalah fase perkecambahan . tanaman kacang paling baik adalah di sirami secara berskala tidak dengan setiap harinya .

5. Panen

penentu saat pasca panen harus sesuai dengan tujuan pengunaan  produksi kacang tanah hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan panen kacang tanah :

  • sebagian daun mengunig dan gugur ( rontok )
  • tanaman berumur 85 – 100 hari
  • kulit kacang berwarna gelap
  • kacang sudah terisi dengan biji

panen ini di lakukan dengan cara mencabutnya dengan cara hati -hati agar kacang tanah tidak tertinggal di dalam tanah .

 

Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme