Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Cerpen, Struktur, Unsur-unsur dan Ciri Cerpen

Pengertian Cerpen, Struktur, Unsur-unsur dan Ciri Cerpen – Untuk kalian yang hobi membaca, pasti kalian sudah pernah membaca cerpen atau cerita pendek. Apa kalian tahu apa itu cerita pendek ? Apa saja struktur cerita pendek ? Dan apa saja unsur-unsur dan ciri dari ceita pendek ? Jika kalian belum mengerti, berikut penjelasan tentang cerita pendek.

Pengertian Cerpen

Cerita pendek atau yang biasa disebut sebagai cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Dalam cerpen dipisahkan sepenggal kehidupan tokoh, yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan. Cerpen atau cerita pendek hanya memberikan kesan tunggal yang memusatkan pada satu tokoh dan hanya satu situasi saja. Pada umumnya cerpen memiliki panjang kurang dari 10.000 kata atau kurang dari 10 halaman yang di dalamnya terdapat klimaks (puncak masalah dan penyelesaian).

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Kapang

Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau cerita mengenai manusia beserta seluk beluknya melalui tulisan yang singkat dan bahasa yang ringan. Pengertian cerpen yang lain yaitu sebuah karangan fiktif yang berisi mengenai kehidupan seseorang atau kehidupan yang diceritakan secara singkat , ringkas serta focus pada suatu tokoh saja.

Struktur Cerpen

Dalam pembuatan cerpen, kita harus mengetahui apa saja struktur yang menyusun sebuah cerpen. Adapun struktur cerpen sebagai berikut.

1.   Abstrak

Abstrak adalah ringkasan dari sebuah cerita. Abstrak merupakan inti dari cerita yang akan dikembangkan menjadi beberapa rangkaian kejadian. Abstrak bersifat opsional yang mana dalam sebuah cerpen, kita boleh tidak menggunakan abstrak.

2.   Orientasi

Orientasi merupakan hal-hal yang berkaitan dengan suasana, tempat dan waktu yang ada dalam cerpen. Dan orientasi biasanya tidak hanya terpaku dalam satu tempat, suasa, atau waktu tergantung alur dari cerpen.

3.   Komplikasi

Komplikasi merupakan rankaian sebab akibat dari cerpen. Dalam struktur ini kita bisa menentukan watak atau karakter dari tokoh cerita karena watak atau karakter tokoh dapat menentukan kerumitan permasalahan yang mulai terlihat.

4.   Evaluasi

Evaluasi adalah struktur konflik yang terjadi dan mengarah pada klimaks serta sudah mulai mendapatkan penyelesaiannya dari konflik tersebut. Struktur ini sangat penting dan menentukan menarik tidaknya suatu cerita. Dalam struktur ini penulis menyajikan konflik-konflik yang membuat pembawa terbawa suasana sehingga lebih menghayati dan menjiwai karakter yang ada dalam cerita ini.

5.   Resolusi

Resolusi merupakan penyelesaian dari evaluasi. Biasanya resolusi sangat dinanti-nati oleh pembaca, karena pada struktur ini pengarang memberikan solusi mengenai permasalahan yang dialami seorang tokoh atau pelaku dalam cerita.

6.   Koda

Pada bagian koda, memiliki nilai atau pelajaran yang dapat diambil dari cerpen tersebut oleh pembacanya.

Unsur-unsur Cerpen

Cerpen memiliki 2 unsur yang sangat penting bagi cerpen. Kedua unsur tersebut antara lain.

1.   Unsur Instrinsik

Di dalam cerpen yang termasuk dalam unsur intrinsik yaitu :

  1. Tema
  2. Alur (Plot)
  3. Setting atau Latar
  4. Tokoh Atau Pelaku
  5. Penokohan (perwatakan)
  6. Sudut Pandang (Point of View)
  7. Amanat atau Pesan

2.   Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik cerpen adalah unsur yang terdapat diluar cerpen. Unsur ini mempengaruhi dalam penyajian amanat dan latar belakang cerpen. Unsur ekstrinsik dibagi menjadi 2 yaitu: latar belakang masyarakat dan latar belakang pengarang.

Ciri-ciri Cerpen

Ciri-ciri dari sebuah cerpen adalah sebagai berikut :

  1. Terdiri kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata atau 10 halaman.
  2. Habis dibaca dengan sekali duduk.
  3. Isi dari cerita berasal dari kehidupan sehari-hari.
  4. Penggunaan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca.
  5. Bersifat fiktif.
  6. Hanya mempunyai 1 alur saja.
  7. Bentuk tulisan yang singkat lebih pendek dari Novel.
  8. Penokohan dalam cerpen sangat sederhana.
  9. Mengangkat beberapa peristiwa saja dalam hidup.
  10. Kesan dan pesan yang ditinggalkan sangatlah mendalam sehingga si pembaca ikut merasakan isi dari cerpen tersebut.

Baca Juga:

Demikian yang dapat saya jelaskan dari Pengertian Cerpen, Struktur, Unsur-unsur dan Ciri Cerpen. Dapat disimpulkan bahwa pengertian cerpen atau cerita pendek ialah karangan fiktif dan tentang kehidupan seseorang yang kemudian diceritakan dengan singkat serta berfokus terhadap salah satu tokoh saja.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme