Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Neon Tetra ( Paracheirodon innesi )

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Neon Tetra ( Paracheirodon innesi ) – Ikan neon tetra adalah jenis ikan hias yang sangat populer dan dikenali masyarakat. Ikan ini merupakan ikan air tawar yang termasuk kedalam famili characidae dengan ordo charaformares, yang berasal dari perairan Amerika Selatan, Tenggara Kolumbia, Peru Timur dan Brazil Barat.

1

Ikan neon tetra ini memiliki warna cerah, dengan bentuk tubuh memanjang sekitar 1 – 3 cm, dengan ukuran relatif jauh lebih kecil dibandingkan ikan hias lainnya. Selain itu, ikan ini dapat berkembangbiak dengan cepat dengan suhur rata – rata 20 -26 derajat celcius, sehingga kemungkinan untuk melakukan budidaya ikan neon tetra ini sangat rentan sekali. Namun, untuk mengetahui klasifikasi, taksonomi dan morfologi  ikan neon tetra ini dapat dilakukan berdasarkan antara lain :

baca : Jenis Jenis Ikan Neon Tetra

Klasifikasi Ikan Neon Tetra

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Chariciformes

Famili : Characidae

Genus : Paracheirodon

Spesies : Paracheirodon innesi.

Morfologi Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra memiliki warna bervariasi dan berbeda, namun memiliki ciri khas bagian mata hingga pangkal perut bagian belakang berwarna perak yang bergaris secara horizontal. Memiliki struktur tubuh relatif jauh lebih kecil dibandingkan dengan ikan hias air tawar lainnya. Selain itu, ikan neon tetra memiliki panjang tubuh sekitar 1-3 cm dengan sirip  punggung dan sirip bagian perut bawah  halus tranparan berwarna putih bening serta bagian pangkal ekor berwarna bening, namun terdapat warna lain dibagian pangkal tersebut dengan warna merah terang, biru terang dan juga lainnya.

Pemeliharaan Baik Ikan Neon tetra

  • Menjaga pH air normal sekitar 6 – 7
  • Melakukan sanitasi ( pembersihan ) akuarium dengan baik
  • Memberikan pakan buatan maupun pakan alami seperti cacing halus
  • Melakukan pengontrolan air, dengan pergantian air
  • Melakukan pengendalian hama dan penyakit ikan neon tetra

Catt Tambahan : ikan neon tetra ini merupakan ikan omnivora yang akan mengkonsumsi semua makanan besar maupun kecil, sehingga hal ini harus diperhatikan untuk menjaga kelancaran pencernaan ikan neon tetra tersebut. Sebaiknya, pakan yang baik dikonsumsi ikan ini dapat mudah larut dan juga mudah di hancurkan seperti udang air garam, daphina, tubifek, cacing kawat ( halus ), pelet buatan dan lainnya.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme